zataru parfum COD dan pengiriman ke seluruh Indonesia
Top

Tips Memilih dan Menggunakan Parfum dengan Tepat

"Wear perfume wherever you want to be kissed!"

Setiap orang tentu mengidamkan parfum terbaik, entah itu dari segi harga, aroma, maupun ketahanan. Namun dalam memilih parfum harus memperhatikan kandungannya agar aman untuk tubuh terutama kulit.

 

Cara Tepat Menggunakan Parfum

Agar aroma dari parfum terbaik dapat bertahan lama maka perlu memperhatikan hal-hal berikut.

 

Mandi

Setelah mandi pori-pori tubuh akan lebih terbuka sehingga mudah menyerap parfum. Tanpa adanya kontaminasi keringat parfum akan lebih mudah meresap. Selain badan menjadi segar, menggunakan parfum setelah mandi akan memberikan aroma tersendiri.

 

Menggunakan pelembap

Pelembap akan membantu parfum lebih tahan lama daripada pada kulit kering. Agar aroma dari parfum tidak tercampur dengan aroma pelembap bisa memilih pelembap dengan aroma netral. Untuk pelembap bisa menggunakan body lotion.

 

Aplikasikan pada area yang tepat

Titik-titik nadi merupakan area yang tepat untuk menyemprotkan parfum. Pada area tersebut mampu menghasilkan panas cenderung tinggi sehingga parfum lebih mudah menyebar ke seluruh tubuh. Seperti di area pergelangan tangan, sekitar leher dan pergelangan kaki.

 

Semprotkan dengan jarak tepat

Jarak untuk menyemprotkan parfum terbaik adalah 15 sampai 25 cm. Parfum akan menyebar lebih rata dan luas daripada dengan jarak dekat.

 

Jenis parfum yang tepat

Untuk aroma yang tahan lama sebaiknya pilih jenis parfum dengan kandungan minyak esensial paling tinggi. Namun harus memperhatikan apakah aromanya menyengat atau tidak agar tidak mengganggu orang lain.

 

Penyimpanan yang tepat

Tempat menyimpan parfum yang tepat adalah di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan dari sinar matahari dan benda berbau tajam. Hal tersebut untuk menjaga aroma parfum dan agar parfum tidak mudah menguap.

 

Jangan menyemprotkan ke pakaian

Menyemprotkan parfum pada pakaian akan membuat aroma parfum bercampur aroma keringat. Selain itu parfum tidak akan menempel dan meresap pada kulit sehingga aromanya mudah hilang.

 

Cara Memilih Parfum

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan parfum terbaik agar aman dan tahan lama.

 

Pilih sesuai jenis kulit

Bagi yang memiliki kulit normal akan mudah untuk menggunakan berbagai jenis parfum. Berbeda halnya bagi orang dengan kulit berminyak, kering, hingga sensitif.

 

Kulit berminyak

Minyak alami pada lapisan kulit akan bereaksi ketika menyemprotkan parfum membuat aroma lebih awet. Namun jika minyak tubuh terlalu banyak akan menciptakan aroma yang tidak sedap. Parfum tanpa aroma musk atau earth, parfum beraroma citrus atau bunga, dan parfum untuk musim panas cocok untuk kulit berminyak.

 

Kulit kering

Penggunaan parfum berlebih tidak baik untuk kulit tetapi kulit kering akan membuat parfum cepat hilang. Parfum untuk musim dingin cocok untuk pemilik kulit kering. Aromanya cenderung kuat dan tahan pada kondisi kering maupun dingin.

 

Kulit sensitif

Parfum dengan aroma keras dan bahan yang keras untuk kulit tidak baik untuk kulit sensitif. Pilih parfum tanpa kandungan aroma sintetis dengan memperhatikan label produk ketika membelinya.

 

Temperatur

Temperatur tubuh maupun udara akan berpengaruh terhadap keawetan aroma parfum. Aroma parfum terbaik akan lebih kuat pada udara yang panas dan lembab.

 

Aroma tubuh

Setiap orang memiliki aroma tubuh yang berbeda sehingga parfum yang cocok juga berbeda. Bisa jadi seseorang cocok dengan aroma cinnamon namun orang lain tidak cocok dengan aroma tersebut. Perbedaan tersebut mungkin karena jenis kulit, suhu tubuh, keasaman, dan aroma tubuh.

 

Memilih dari jenis yang aman

Saat pertama memilih parfum sebaiknya pilih yang beraroma sederhana seperti bunga atau buah. Serta pilih dari parfum dengan konsentrasi aroma terendah terlebih dahulu. 

 

Harga

Yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan harganya. Parfum yang tahan lama memiliki konsentrasi wewangian yang lebih banyak sehingga lebih awet dan mahal. Selain itu jika menggunakan aroma tertentu yang sulit pemrosesannya maka harganya juga lebih mahal.

 

Kandungan dalam Parfum

Selain essential oil sebagai sumber aroma, parfum terbaik memiliki berbagai bahan tambahan lain. Di bawah ini adalah 3 bahan yang menentukan kualitas parfum.

 

Alkohol

Alkohol yang terkandung dalam parfum akan menentukan keawetan aromanya. Jika alkohol dalam parfum berjumlah banyak maka aroma parfum akan cepat menguap dan hilang. Begitu juga sebaliknya.

 

Fragrance

Dalam menentukan fragrance atau aroma tentu tidaklah mudah. Apalagi yang harus sesuai dengan jenis kulit dan aroma tubuh. Bisa mencari informasi pada internet untuk mendapatkan parfum yang tepat dan tahan lama.

 

Ekstrak buah atau bunga

Aroma dari ekstrak buah ataupun bunga menjadi jenis yang memiliki banyak peminat. Berbagai merek mengeluarkan varian parfum menggunakan aroma tersebut. Akan tetapi tidak semua merek memiliki ketentuan yang sama untuk jenis aroma buah atau bunga tertentu. 

Tentukan sendiri aroma parfum yang sesuai dan yang aman untuk kulit. Jika ragu bisa mencari informasi dari internet maupun orang-orang di sekitar. Agar aman untuk kulit sebaiknya pilih parfum dengan sedikit atau tanpa alkohol. 

Comments (1)
  1. Nisfiatul laily says:

    Wachhh enak pakai Traveloka bisa dapat point’ dan bisa ditukar belanja sesuai keinginan dan kebutuhan kita,,,,mantapz traveloka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 - Zataru.com

daftar registrasi di zataru parfum
× Need Help?